-->

potensi wisata kuninan

POTENSI WISATA ALAM DI KABUPATEN KUNINGAN 
Objek Wisatanya adalah:

-Sumur Tujuh Cibulan
Terletak di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan ke arah Utara, atau berjarak 28 Km dari Kota Cirebon menuju Selatan. Di daerah ini terdapat tujuh sumur (dikenal dengan sebutan Sumur Tujuh) yang merupakan tempat patilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk bersuci ketika bersemedi dan juga merupakan salah satu tempat bersejarah dalam penyebaran Islam di Kuningan melalui kegiatan para Wali Songa.

-Kolam Cigugur
Kolam Cigugur merupakan kolam yang dianggap keramat dan pada jaman dahulu djadikan sebagai tempat bertapa oleh Ki Gedeng Padara, seseorang yang sakti. Konon karena kesaktiannya tersebut, organ tubuhnya bisa terlihat dari luar.

-Waduk Darma
Bendungan ini terdiri dari enam desa yang tenggelam, yaitu Desa Darma, Kawah Manuk, Cipasung, Parung, Sakerta Barat, dan Sakerta Timur. Beberapa daya tarik wisata ini di antaranya adalah atraksi seni tradisional Saptonan, lomba panahan tradisional, lomba rakit dan perahu tradisional, Goong Renteng, Gembyungan, dan Rudat. Atraksi-atraksi ini tidak dapat disaksikan setiap akhir pekan atau hari libur pada umumnya, dikarenakan kegiatan-kegiatan tersebut merupakan agenda rutin dari kegiatan wisata tahunan di Kabupaten Kuningan.

-Telaga Remis
Objek wisata Talaga Remis merupakan perpaduan antara air telaga yang jernih dengan pesona alam pegunungan hutan. Objek Wisata Telaga Remis menyimpan keanekaragaman flora dan fauna terdapat lebbih kurang 160 jenis tumbuhan, di antaranya snorkeling, malaka, kosambi, dan lain-lain.

-Pemandian Air Panas Sangkan Hurip
Kelebihan air panas di sini adalah kandungan yodium-nya yang menyehatkan, biasa dipakai oleh masyarakat di Kabupaten Kuningan untuk kegiatan relaksasi otot-otot sebagai pengusir rasa lelah. Fasilitas yang dapat Anda gunakan di sini mencakup kamar-kamar berendam yang tertutup untuk kegiatan privasi sekeluarga. Selain itu juga terdapat tempat berendam di area terbuka yang kerap dipenuhi oleh masyarakat yang berasal dari daerah sekitar atau dari luar Kabupaten Kuningan.

-Taman Rekreasi Curug Sidomba
Air terjun curug Sidomba memiliki ketinggian 3 m. Curug ini merupakan salah satu curug buatan yang mengalir tepat di tengah daerah ini. Daya tarik dari kawasan ini adalah sebuah masjid megah dengan satu menara Asma ul Husna. Untuk menuju menara, Anda akan melalui tangga berjumlah 99 anak tangga, di mana Anda akan dapat menikmati bentangan keindahan alam di kaki Gunung Ciremai yang sebagian wilayahnya masih subur dengan pepohonan besar.

-Balong Keramat Darmaloka

Di sini dapat menikmati hijaunya pepohonan tropis rindang yang timbuh di area seluas 3, dengan sebuah kolam yang dihuni oleh ratusan ikan Dewa seluas 700 m. Kolam-kolam tersebut terdiri atas beberapa bagian, yaitu Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, Bale Kambang, dan Sumber Air Cibinuang. Selain itu, di dalam objek wisata ini juga terdapat makam Syekh Rama Gusti, yang ditugaskan oleh Walisanga untuk menyebarluaskan agama Islam di daerah Kabupaten Kuningan, di mana dapat sekaligus berziarah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "potensi wisata kuninan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel