-->

Masukan ibu hamil dan bayinya

Sahabat- seyogyanya menjadi perhatian utama bagi pasangan yang sedang dalam tahap kehamilan. Hal ini penting mengingat asupan yang dikonsumsi oleh sang bunda juga menjadi nutrisi asupan bagi jabang bayi dalam kandungan. Selain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan bayinya, tentu makanan bergizi untuk ibu hamil sangat baik untuk menjaga kesehatan keduanya selama masa kehamilan berlangsung.

Dalam memilih makanan bergizi untuk ibu hamil tidak hanya memperhatikan apa apa yang terlihat baik atau higienis, namun juga memperhatikan kandungan apa yang terdapat dalam makanan tersebut. Sebaiknya mulai menghindari makanan makanan sembarang yang tidak jelas baik buruknya buat dikonsumsi seperti junk food, jajanan-jajanan pinggir jalan, minuman-minuman bersoda, dan lain sebagainya. Hal ini akan rentan mengganngu kesehatan ibu hamil, juga menjadi asupan yang tidak baik bagi buah hati dalam kandungan.

Masa-masa sulit selama kehamilan biasanya terjadi ketika trimester pertama kehamilan. Karena pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami hal yang sama yaitu morning sickness atau gangguan mual-mual di pagi hari. Sehingga membuat ibu hamil menjadi sulit menerima asupan makanan dari luar.

Akhirnya, hal ini bisa menyebabkan kurangnya asupan nutrisi dan gizi penting dari makanan bergizi untuk ibu hamil selama kehamilannya. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan dari kandungan makanan bergizi untuk ibu hamil?

Kandungan Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Yang Utama

1. Karbohidrat
Kandungan makanan bergizi untuk ibu hamil yang pertama adalah karbohidrat. Kandungan satu ini sangat baik untuk membantu menyuplai energi bagi ibu hamil selama masa kehamilannya. Karena pada saat hamil, ibu hamil membutuhkan energi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuhnya sehingga baik bagi pertumbuhan janin di dalamnya. Tidak hanya itu saja, kanduangan makanan bergizi untuk ibu hamil ini juga dibutuhkan untuk menyehatkan seluruh jaringan saraf guna membangun sel-sel tubuh.

Energi dari karbohidrat juga berperan untuk menghemat protein, meningkatkan pengeluaran feses, dan lain sebagainya. Adapun makanan yang mengandung karbohidrat yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil adalah gandum, oat, dan nasi merah.

Ketiga jenis makanan bergizi untuk ibu hamil ini mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk mempercepat proses konversi menjadi energi yang akan digunakan oleh ibu hamil selama masa pertumbuhan janin di dalam kandungan.

2. Vitamin
Kandungan makanan bergizi untuk ibu hamil yang tak kalah pentingnya bagi ibu hamil adalah asupan vitamin. Banyak sekali vitamin yang dibutuhkan selama masa kehamilan, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E serta vitamin K. Masing-masing vitamin ini memiliki banyak manfaat khususnya bagi ibu hamil.

Adapun manfaat dari vitamin tersebut adalah meningkatkan daya tahan atau imun ibu hamil, menjaga kulit selama kehamilan, menyehatkan lambung, meminimalisir mual dan muntah, menyiapkan ibu dalam memproduksi ASI, berguna untuk tumbuh kembang embrio, memelihara kadar sel darah merah, dan lain sebagainya.

Sementara itu, kandungan vitamin-vitamin tersebut terdapat dalam makanan bergizi untuk ibu hamil seperti susu, telur, hati, gandum, sayuran hijau, kacang tanah, ikan, wortel, toge, kacang kedelai, jamur, buah-buahan, minyak ikan, dan lain sebagainya.

3. Serat
Ada banyak manfaat serat bagi ibu hamil dari makanan bergizi untuk ibu hamil yang wajib diketahui seperti mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi dan varises, melancarkan pencernaan ibu hamil, mencegah timbulnya wasir.

Manfaat serat lainnya untuk menjaga kesimbangan kadar gula darah dalam tubuh, membantu sistem metabolisme tubuh, mencegah keracunan pada ibu hamil, mencegah diabetes dan mengendalikan berat badan. Anda bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi dari sayuran hijau dan aneka macam buah-buahan.

4. Asam folat
Satu lagi kandungan makanan bergizi untuk ibu hamil yang tak kalah pentingnya bagi ibu hamil adalah kandungan asam folat. Asam folat sangat penting untuk menjaga kehamilan serta janin yang ada dalam kandungan ibu hingga persalinan.

Beberapa manfaat asam folat bagi kehamilan diantaranya mencegah kekurangan berat badan pada bayi yang baru lahir, mencegah keguguran, dan lain sebagainya. Adapun kandungan asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli, bayam, alpukat dan lain sebagainya.

Empat kandungan makanan bergizi untuk ibu hamil tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selama masa kandungannya. Mencukupinya berarti mencukupi asupan nutrisi untuk ibu dan bayinya dalam kandungan.

Namun jika ibu hamil kesulitan untuk memenuhi itu semua, silahkan baca artikel tentang suplemen bagus untuk ibu hamil. Semoga artikel makanan bergizi untuk ibu hamil ini dapat mengedukasi setiap pasangan yang dalam masa bahagia menanti bauh kasihnya dalam kandungan sang bunda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Masukan ibu hamil dan bayinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel