Langsung ke konten utama

sejarah Kalkulator



Kalkulator bertenaga listrik memang terbilang belum lama dikenal. Tapi, alat hitung atau metode untuk menghitung, sudah dikenal manusia sejak berabad-abad yang lalu. Sempoa termasuk salah satu alat hitung kuno yang fungsinya mirip kalkulator. Pensil dan kertas, sebenarnya juga alat hitung manual yang bisa menjalankan fungsi kalkulator.


Barulah di awal tahun 1960-an, mulai muncul kalkulator yang agak modern. Saat itu muncul mesin hitung yang menggunakan mesin mekanik dan digerakkan tangan manusia. Mesin itu sudah bisa membantu penjumlahan, pembagian, dan perkailan. Mesin hitung mekanik ini dibuat oleh Friden yang bekerja berdasar perputaran roda bergerigi.

Penemuan mesin hitung mekanik ini menjadi terobosan peting dalam dunia hitung-menghitung yang selama ini dijalankan secara manual. Mesin hitung ini sangat membantu berbagai transaksi yang melibatkan angka besar dan harus dihitung dalam waktu cepat.

Lompatan terjadi tahun 1963. Saat itu, dua perusahaan elektronik asal Inggris, Bell Punch dan Sumlock-Comptometer mengenalkan mesin hitung atau kalkulator bertenaga listrik. Kalkulator ini menggunakan belasan tabung hampa sebagai komponennya. Kalkulator ini kemudian dinamai Anita, dan diklaim sebagai kalkulator pertama bertenaga listrik.

Hampir bersamaan dengan itu, di Amerika, Friden juga membuat mesin yang hampir sama, yang juga bersumber tenaga listrik. Kalkulator listrik buatan Friden ini menggunakan tabung katoda, atau tabung yang digunakan untuk layar televisi.

Setahun kemudian, yakni tahun Maret 1964, raksasa elektronik asal Jepang menyempurnakan mesin hitung tersebut dengan menempelkan komponen baru bernama transistor. Selain ukurannya bisa diperkecil, penggunaan transistor ini juga menjadikan kalkulator listrik buatan Sony punya daya komputasi yang lebih baik dibanding produk sebelumnya.

Pengembangan kalkulator listrik pun terus terjadi. Tahun 1969, perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp mengembangkan kalkulator berbasis chips. Saat itu memang teknologi chips mulai dikenal. Kalkulator chips yang pertama dibuat oleh Sharp adalah Sharp QT-8. Komponen chips yang ada dalam kalkulator itu sendiri dibuat Rockwell.

Kalkulator ini mengundang perhatian publik yang memadati area pameran produk rekayasa di New York yang digelar Maret 1970. Saat itu, produk tersebut dijual dengan harga sekitar 500 dolar AS (jika dihitung dalam kurs sekarang, setara dengan sekitar Rp 4 juta). Rockwell dan Sharp terus bekerja sama untuk membuat kalkulator menjadi lebih kecil, dan bertenaga baterai yang bisa diisi ulang.

Ukuran kalkulator ini bisa mengecil secara signifikan saat teknologi liquid crystal displays (LCD) mulai ditemukan awal tahun 1970-an. Bersamaan dengan itu juga mulai digunakannya baterai berukuran mini sebagai sumber tenaganya. Pada tahun 1976, kalkulator dengan layar LCD dan baterai mini pun diproduksi dan dijual di pasaran.

Era kejayaan kalkulator terjadi pada tahun 1980-an. Memasuki tahun 1990-an, kalkulator mulai ditinggalkan masyarakat, seiring dengan datangnya era komputer desktop. Perangkat lunak di dalam komputer mampu mengakomodasi kerja kalkulator. Hadirnya telepon seluler yang dilengkapi dengan software kalkulator juga membuat mesin hitung tersebut makin ditinggalkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

game Governor of Poker 2

Governor of Poker 2 Game flash kartu yang ber-genre RPG dengan animasi grafis yang oke banget "Governor of Poker 2" dijamin bakalan betah memainkannya. Game flash kartu ini hampir sama dengan game kartu texas hold'em poker lainnya dengan diselingi petualangan yang ber-genre RPG... Info Singkat : Permainan peran (bahasa Inggris: role-playing game disingkat RPG) adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini. Screenshot : Cara Pemasangan : Buat sobat blogger yang ingin memasang game ini di blognya silakan disimak tutorialnya... Login ke blog sobat. Klik "New Post...

rambut rontok 4 langakah yang perlu di perhatikan

KERAMAS mungkin jadi rutinitas kamu saat keluar rumah di tengah pandemi virus corona COVID-19. Tapi apakah cara keramasmu sudah benar dan tak bikin rambut rontok? Meski terlihat sepele, ternyata ada cara keramas yang benar agar rambutmu tetap sehat. Teknik keramas yang sederhana, namun jangan diabaikan. Dilansir Okezone dari Boldsky, ini dia beberapa teknik keramas yang bisa kamu terapkan. Yuk simak! Pilih produk sampo yang tepat keramas Pilihlah sampo yang tepat sesuai dengan tipe rambutmu. Janganlah membeli sampo 2 in 1 yang mengandung kondisioner sekaligus. Belilah sampo dan kondisioner secara terpisah untuk hasil yang lebih baik. Basahi rambutmu dengan benar Satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak membasahi rambutmu dengan benar. Sebelum memakai sampo, kamu harus membasahi rambutmu di bawah air shower selama 2-3 menit, agar rambutmu basah seluruhnya. Tahap ini juga akan membantu sampo agar meresap lebih baik. Gunakan sampo pada tempat yang tepat Ketika ...

masalah komunikasi dalam keluarga

Salah satu masalah yang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari adalah  masalah komunikasi dalam keluarga . Komunikasi yang kurang lancar akan menimbulkan salah paham dan ketegangan antar anggota keluarga yang membuat segala sesuatunya berjalan dengan kurang mengenakkan. Masalah ini seyogyanya bisa dicegah sedari dini oleh orang tua.  Menanamkan teladan terhadap anak-anak adalah hal yang paling manjur untuk mencegah permasalah seperti ini muncuk di kemudian hari. Mulailah sejak anak-anak masih kecil. Jadilah pendengar yang baik saat anak ada berbicara. Ajaklah mereka untuk mengemukakan pendapat mereka tentang apapun juga. Bila ada masalah, ajak mereka untuk mendiskusikannya dengan baik. Bila hal ini dilakukan, maka anak anda akan tumbuh menjadi anak yang berani mengungkapkan perasaannya dengan cara yang santun yang dapat menghindarkan adanya ketegangan dalam komunikasi. Hal serupa juga sebaiknya dilakukan dengan pasangan. Bila ada masalah diskusikan dengan ...